Tes Calon Pimpinan KPK

Budi Santosa Akan Bangun Kantor Perwakilan KPK di Daerah

Dheri Agriesta    •    Senin, 24 Aug 2015 16:29 WIB
capim kpk
Budi Santosa Akan Bangun Kantor Perwakilan KPK di Daerah
Ilustrasi suasana wawancara seleksi capim KPK--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisioner Ombudsman Budi Santosa menjadi satu dari tujuh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwawancara hari ini. Budi menyampaikan ide untuk membangun kantor KPK di daerah dan integrasi lembaga antikorupsi itu dengan lembaga lain.

"Saya idenya intregrasikan dengan lembaga lain, bisa dengan NGO. Untuk monitor dan proses ini butuh tangan KPK di daerah," kata Budi di Gedung III Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2015).

Budi sadar, ada kesulitan untuk membangun kantor KPK di setiap provinsi di Indonesia. Ia berkaca dari pengalaman Ombudsman membangun kantor perwakilan di daerah.

Oleh karena itu, ia pun telah menyiapkan akal untuk mengatasi kesulitan itu. KPK tak perlu membangun kantor di setiap provinsi, tapi cukup kantor perwakilan dengan skala region.

"Tapi bentuk di region, misalnya di Sumatera itu di Medan atau Palembang. Sulawesi cukup di Makassar, lalu dibangun di Papua. Itu pencegahan KPK bersama ombudsman, NGO supaya lebih efektif," kata dia.

Ide ini muncul lantaran wilayah Indonesia yang terlalu luas. Sementara, Kantor KPK hanya ada di Jakarta yang notabene sebagai pusat pemerintahan. "Kita indonesia terlalu luas. Kantor KPK hanya di jakarta saja, jadi ada yang bantu monitor," jelas dia.

Di depan Pansel KPK, Budi juga berharap mendapatkan posisi sebagai pimpinan KPK. Bagi ia, hanya dua posisi yang menarik hatinya, Komisioner Ombudsman dan Komisioner KPK. Komisioner Ombudsman telah ia duduki, ia merasa tak ada tantangan jika kembali bersaing menduduki posisi Komisioner Ombudsman. "Kalau saya mendaftar lagi di Ombudsman maka sama saja tidak ada tantangannya," imbuhnya.


(YDH)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA