Pelindo Tidak Terpengaruh Pelemahan Rupiah

Annisa ayu artanti    •    Senin, 24 Aug 2015 16:41 WIB
pelindo
Pelindo Tidak Terpengaruh Pelemahan Rupiah
ilustrasi. MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah saat ini semakin mengalami penurunan. Hari ini level rupiah mencapai Rp14.000 per USD. Namun PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menyatakan  tidak berpengaruh, pasalnya banyak transaksi yang dilakukan di perusahaan menggunakan dolar.

Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino mengatakan meskipun rupiah saat ini melemah, hal itu tidak berdampak pada kinerja perusahaan.

"Kita kan revenue kita kan dalam dolar juga, walapun bisa diuangkan dengan rupiah juga," kata RJ Lino usai Seminar Nasional: Sinkronisasi Pengaturan di Sektor Pelabuhan Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing di  Dunia Internasional, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Ia juga menjelaskan melemahnya rupiah ini juga tidak berpengaruh pada utang dolar. Karena pembayaran yang dilakukannya itu masih dalam menggunakan dolar."Tapi kan sekarang revenue kita dengan dolar walapun bayar dengan rupiah, jadi sebenarnya saya tidak kena. Tarif saya kan dalam USD," jelas dia.

Lebih lanjut, Ia mengatakan tren dolar yang menguat saat ini juga tidak mengganggu belanja peralatan yang dibutuhkan di pelabuhan. "Jadi sebenarnya saya tidak kena dampaknya. Karena tarif (bongkar muat) kan dalam USD termasuk pakai dolar juga belanjanya," ungkap dia.

Meskipun demikian, Ia mengungkapkan perusahaan ini tidak melanggar Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 17/13/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan rupiah untuk transaksi di dalam negeri. 


(SAW)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA