Mbah Muchit Tolak Jadi Dewan Penasehat PBNU

   •    Senin, 24 Aug 2015 17:28 WIB
pbnu
Mbah Muchit Tolak Jadi Dewan Penasehat PBNU
KH. Muchit Muzadi,--Foto: Koresponden/Anam Masjhoedi

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum lama diumumkan, kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2020 mengalami deligitimasi. Selain banyak ditolak karena alasan masuknya politisi di posisi kunci dan mengandung unsur nepotisme, mulai muncul tokoh yang menolak untuk dijadikan pengurus.
 
Salah satu tokoh sepuh NU yang menolak adalah KH. Muchit Muzadi. Mbah Muchit demikian biasa disapa menyatakan dengan tegas menolak namanya dicantumkan sebagai mustasyar PBNU.

Alasan penolakan itu karena Mbah Muchit menolak hasil muktamar yang mengandung banyak pelanggaran. Selain itu dia juga merasakan bahwa PBNU yang susunan kepengurusannya baru diumumkan sudah tidak sesuai dengan Khittah NU lagi.

"PBNU sekarang sudah tidak lagi sesuai Khittah NU,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/8/20115).

Mbah Muchit yang merupakan salah satu murid KH.Hasyim Asy’ari menyayangkan proses Muktamar ke-33 NU yang jauh dari nilai dan perilaku ahlussunah waljamaah an-nahdliyyah. Bahkan seusai muktamar, KH.Muchit menyampaikan, para aktor yang melakukan pelanggaran dalam Muktamar NU akan kualat.

“Nanti mereka akan kualat. Bukan kualat dengan saya, tapi dengan Mbah Hasyim Asy’ari. Tunggu saja setahun lagi,” paparnya.


(MBM)