Pelindo II Lebih Pilih Kembangkan Moda Angkutan Air Ketimbang Kereta

Annisa ayu artanti    •    Senin, 24 Aug 2015 17:30 WIB
pelindo
Pelindo II Lebih Pilih Kembangkan Moda Angkutan Air Ketimbang Kereta
Ilustrasi pelabuhan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mengatakan pengembangan jaringan transportasi di Kalimantan seharusnya menjadikan laut sebagai solusi prioritas.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino menyatakan kabupaten dan kota di Kalimantan itu mayoritas menggunakan transportasi air. Oleh karena itu, pengembangan moda transportasi pun harus memaksimalkan transportasi angkutan air. Daripada mendesak pembangunan rel kereta atau pun Tol.

Lino mengatakan, transportasi via jalur laut itu cenderung murah dan memiliki daya tampung yang lebih tinggi dan juga meminimalisir polusi yang banyak biasa dikeluarkan moda transportasi lain.

"Pemerintah mau bikin jalur kereta Samarinda-Pontianak. Kenapa tidak lewat sungai dan laut. Di Kalimantan, tidak ada ada kabupaten kota yang tidak berlokasi di pinggir sungai," kata Lino usai Seminar Nasional: Sinkronisasi Pengaturan di Sektor Pelabuhan Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing di Dunia Internasional, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Ia menjelaskan, studi telah dilakukan untuk menilai moda angkutan logistik paling efisien melalui darat, udara, kereta, laut atau sungai. Hasil studi menyebut rekomendasi meminta pengembangan pada moda angkutan sungai atau laut selanjutnya baru diikuti moda lain seperti darat, kereta hingga udara.

"Studi menarik karena memunculkan 30 project. Prioritas 1-13 itu inland water way (angkutan sungai). Terus perbaiki pelabuhan, bikin pelabuhan. Studi itu host-nya Bina Marga. Karena Bina Marga fokus ke jalan maka studi disimpan di meja," jelas dia.

Selain itu, ia juga menyebutkan rencana serupa yang akan diberlakukan di Sulawesi. Karena Sulawesi secara geografis juga memiliki wilayah perairan yang luas.

"Makassar-Manado mau dibikin kereta padahal di Sulawesi semua daerahnya punya pelabuhan," ungkap dia.



(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

10 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA