Sembilan Ormas di Brebes Deklarasi Anti-PKI

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 24 Aug 2015 18:02 WIB
keamanan negara
Sembilan Ormas di Brebes Deklarasi Anti-PKI
Deklarasi anti-PKI di Brebes. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan beberapa ormas di Brebes, Jawa Tengah mengeluarkan pernyataan sikap penolakan terhadap paham radikal komunis. Pernyataan ini muncul setelah muncul pemberitaan kehadiran paham komunis beberapa waktu lalu.

Pernyataan sikap itu juga ditandatangani pimpinan ormas seperti Ketua FKPPI, GP Ansor, PPM, FKPBM, BEM UMUS, Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, dan Paguyuban Becak. 

“Deklarasi ini dilakukan menyikapi perkembangan komunis yang saat ini sudah mulai melakukan pergerakan,” kata Komandan Kodim 0713/Brebes, Letkol Inf Efdal Nazra, usai memimpin penandatanganan pernyataan sikap, Senin (24/8/2015), di aula Makodim Brebes.

Dalam deklarasi tersebut, kata Dandim, para pimpinan ormas menyatakan dukungan, menerima, dan siap mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Menolak gerakan dan faham radikal (komunis) yang berkembang di Indonesia.

Selain itu, para pimpinan ormas ini juga bersedia dan siap bekerja sama dengan aparat pemerintah dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan masuknya faham bahaya laten tersebut di wilayah NKRI, khususnya Kabupaten Brebes.

Sementara itu, Haris, Ketua KNPI mengatakan NKRI merupakan harga mati yang tidak boleh terpecah oleh faham radikal. “Kami yang tergabung dalam koalisi merah putih akan senantiasa menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Kepala Kesbangpolinmas Brebes, Joko Heriyanto turut menyaksikan proses kegiatan mendampingi Dandim Brebes.


(SAN)