Mentan: Areal Gagal Panen Capai 25.000 Ha

Antara    •    Senin, 24 Aug 2015 18:03 WIB
kementan ads
Mentan: Areal Gagal Panen Capai 25.000 Ha
Mentan Amran Sulaiman (kemeja putih) (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan areal atau lahan pertanian yang mengalami gagal panen atau puso akibat kekeringan hingga saat ini mencapai 25.000 hektare (ha).

"Tadi sudah 25.000 ha bahkan mungkin sudah hampir 30.000 ha," katanya, di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (24/8/2015), seraya menambahkan lahan pertanian yang mengalami puso terluas berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Ia menambahkan, lahan pertanian yang mengalami puso tersebut bertambah dari sebelumnya seluas 20.000 ha menjadi 25.000 ha hingga hampir 30.000 ha. "Ya nambah dong karena masih kering. Ini kan dua musim, musim kering dan musim kemarau," tuturnya.

Untuk mengantisipasi meluasnya lahan pertanian yang mengalami gagal panen, ia mengatakan, Kementerian Pertanian melakukan berbagai upaya mengoptimalkan seluruh areal irigasi yang mempunyai bendungan permanen. "Areal irigasi teknis oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu ada 500.000 ha," jelasnya.

Ia menyatakan pihaknya membangun sumur dangkal, distribusi pompa airm hingga hujan buatan. Contohnya, Kementerian Pertanian membangun 1.000 sumur dangkal di Gerobogan dan sejumlah sumur lainnya di daerah Indramayu, Cirebon, dan Bojonegoro.

"Seluruh potensi yang ada, sumber daya yang ada, kita kerahkan maksimal mulai dari pompa, sumur dangkal kita bangun di Bojonegoro. Kemudian long storage dan parit kemudian embung kemudian terakhir hujan buatan," pungkasnya.



(ABD)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA