LPSK Yakin Masih Ada Celah Ungkap Kasus Udin

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 24 Aug 2015 19:06 WIB
jurnalis
LPSK Yakin Masih Ada Celah Ungkap Kasus Udin
Mengenang Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin. Foto: Antara/Sahrul Manda

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mendorong kepolisian melanjutkan penanganan kasus pembunuhan wartawan harian Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin. Bahkan, kasus yang sudah memasuki tahun ke-19 ini belum ditemukan siapa pelaku sebenarnya.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai menjelaskan masih ada celah untuk menuntut hak atas kejelasan hukum bagi keluarga korban. Menurutnya, dasar hukum dalam kasus pembunuhan itu cukup memadai.

"Bisa memakai UU tindak pidana pembunuhan atau pembunuhan berencana," kata Semendawai, di Yogyakarta, Senin (24/8/2015).

Semendawai menganggap, tak ada masalah dari sisi dasar hukum dalam kasus tersebut. Namun, hal itu juga tak bisa dilepaskan dari kinerja penyidik yang melakukan penanganan. "Kami belum tahu persis progres kerja kepolisian. Apalagi kasus ini terlihat stagnan," ujarnya.

Ia mengaku belum memperoleh informasi terkait perlindungan saksi dan korban dalam kasus itu. Jika ada laporan dari saksi dan korban, pihaknya menyatakan akan memberikan perlindungan agar kekerasan terhadap jurnalis itu bisa terungkap.

"Kami siap memberikan perlindungan jika ada saksi maupun keluarga korban memberikan laporan," ujarnya.


(UWA)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA