Ribuan Calon Haji Jombang Tunggu Kepastian Visa

Nurul Hidayat    •    Senin, 24 Aug 2015 19:18 WIB
haji 2015
Ribuan Calon Haji Jombang Tunggu Kepastian Visa
Pengumpulan koper calon haji asal Jombang di Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Foto: MTVN/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Sebanyak 1.049 calon jemaah haji asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ditetapkan dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni di kloter 14, 15, dan 16. Namun, untuk kepastian visa, Kementerian Agama Kabupaten Jombang masih menunggu Kemenag.

Kepala Seksi Haji Kemenag Jombang Nur Habib Adnan optimistis seluruh jemaah akan berangkat sesuai jadwal. Menurutnya, keterlambatan visa terjadi karena perubahan sistem yang terjadi di Arab Saudi.

"Semua visa calon haji akan dikumpulkan dan dipisahkan berdasarkan tempat pemondokan dan transportasi ketika berada di Arab Saudi. Ini yang menyebabkan keterlambatan pemberian visa. Namun, kemungkinan besar besok sudah ada kepastian," ujarnya saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya, Senin (24/8/2015).

Adnan mengatakan tidak ada pembatalan keberangkatan calon haji asal Kabupaten Jombang. Yang ada, kata dia, justru pengunduran diri.

"Ada tiga jemaah yang mengundurkan diri, yakni dari bimbingan Muhammadiyah 1, Thoriqul Jannah 1, KBIH Syeh Adlan Ali (SAA) 1. Dan mungkin akan diambilkan cadangan usulan lansia," pungkasnya.


(UWA)