Ini yang Terjadi Saat Anda Makan Jamur Beracun

   •    Senin, 24 Aug 2015 19:23 WIB
kesehatan
Ini yang Terjadi Saat Anda Makan Jamur Beracun
Salah satu jenis jamur beracun (Foto: reddit.com)

Metrotvnews.com: Jamur memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tapi, pastikan jamur yang dikonsumsi bukanlah jamur beracun. Karena jika Anda salah memilih, selain berisiko pada kesehatan hal terburuk dapat membawa Anda pada kematian.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menghindari jamur dengan insang putih dan topi merah serta tidak pernah mengkonsumsi jamur kecuali Anda yakin bahwa itu seratus persen aman.

Beberapa jamur termasuk kategori beracun hingga apabila Anda sampai memakannya bisa berbahaya. Inilah beberapa hal yang berhubungan dengan keracunan jamur:

1. Iritasi gastrointestinal
Salah satu gejala paling umum dari keracunan jamur adalah adanya iritasi gastrointestinal. Gejalanya seperti mual, muntah dan diare. Anda bisa melihatnya dalam rentang waktu 20 menit sampai 4 jam setelah konsumsi jamur.

2. Muskarin
Sangat sulit membedakan mana jamur yang aman untuk Anda dan mana yang tidak. Jika Anda memakannya, Anda akan keracunan muskarin yang ada pada jamur. Zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf tak sadar Anda. Biasanya tanda-tandanya bisa dilihat dari kelebihan produksi air liur dan keringat, penurunan tekanan darah dan bahkan kesulitan bernapas.

3. Psilocybin
Psilocybin hampir ada di 200 spesies jamur. Racun ini perlu Anda waspadai. Gejala keracunan jamur psilocybin dapat terlihat dalam waktu satu jam setelah memakannya.

4. Amatoxins
Amatoxins adalah racun berbahaya yang ditemukan dalam jamur. Dalam waktu 24 jam, racun dapat diserap ke dalam darah. Ketika darah Anda beracun, tentu saja amat berbahaya bagi tubuh Anda.

5. Gyromitrin
Beberapa jamur memiliki racun gyromitrin. Apabila Anda memakan jamur yang mengandung gyromitrin, Anda mungkin akan menderita sakit kepala dan masalah perut lainnya.

6. Orellanine
Racun orellanine baru bisa dideteksi setelah 36 jam atau paling lama 3 minggu. Akibatnya akan benar-benar fatal, sebab ginjal Anda akan kehilangan fungsinya. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)