Rupiah Melemah, Warga Coba Tukar ke USD

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 24 Aug 2015 20:03 WIB
rupiah melemah
Rupiah Melemah, Warga Coba Tukar ke USD
Rupiah. MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Rupiah terus terpuruk terhadap dolar AS (USD) hingga tembus Rp14.000 per USD. Hal itu menyebabkan para penukar valuta asing (valas) berlomba-lomba menukarkan USD agar mendapatkan keuntungan yang tinggi dari posisi USD disaat mereka beli.

Salah satu penukar USD, Robert, menjelaskan, keadaan momen ini haruslah dimanfaatkan. Sebab, bisa saja rupiah kembali menguat, dan USD melemah. Tapi, rupiah saat ini melemah, sehingga banyak yang memanfaatkan penukaran USD.

"Kami di sini kejar-kejaran tukar USD. Makanya banyak orang yang datang ke sini untuk transaksi," kata Robert kepada Metrotvnews.com ditempat penukaran valas PT Ayu Masagung di kawasan Kwitang, Jakarta, Senin (24/8/2015).

‎Total transaksi yang telah terhitung hingga pukul 16.00 WIB bisa lebih dari 500 orang. Adapun rata-rata transaksi di sini berbeda-beda, ada yang hanya menukarkan USD500 hingga lebih dari USD30 ribu.‎ Tapi, semua itu berdasarkan kepemilikan USD yang dimiliki.

"Selagi ada USD, maka mereka akan menukar, enggak bisa banyak, mereka akan tukar secara bertahap, tidak langsung semuanya," sebut dia.



(SAW)