Pilkada Malang

Nomor Urut Pasangan Ditentukan Uang Rp20 Ribu

Aditya Mahatva Yodha    •    Senin, 24 Aug 2015 21:29 WIB
pilkada serentak
Nomor Urut Pasangan Ditentukan Uang Rp20 Ribu
Ilustrasi. --MTVN

Metrotvnews.com, Malang: Ada saja cara untuk menentukan siapa yang akan mengambil terlebih dahulu undian berisi nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Malang, Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang meminta masing-masing pasangan calon menyetorkan selembar uang Rp20 ribu untuk menentukan nomor urut.

"Pada uang itu kan ada kode yang berupa angka. Nah, pasangan yang tiga digit terakhirnya terbesar, dia yang berhak mengambil undian terlebih dulu," kata Anggota KPU Malang, Abdul Holik, di Media Center KPU Kabupaten Malang, Senin (24/8/2015).

Abdul menambahkan, jika tiga digit angkanya sama, maka akan diambil empat digit. "Cara ini kami nilai cukup adil untuk menentukan siapa yang akan mengambil undian terlebih dulu," katanya.

Undian nomor urut akan dilaksanakan Rabu, 26 Agustus, di Gedung DPRD Kabupaten Malang. "Setiap pasangan calon kami batasi hanya boleh membawa pendukung 25 orang. Ini demi untuk menjaga kenyamanan selama proses undian berlangsung," katanya.

Pilkada Malang diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan Nurcholis-M. Mufidz, Rendra Kresna-Sanusi, dan Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi.


(UWA)