KPU, Pemerintah, dan Parpol Harus buat Komitmen

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 24 Aug 2015 22:26 WIB
pilkada serentak
KPU, Pemerintah, dan Parpol Harus buat Komitmen
Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti (kanan) saat konpers Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran ( FITRA) di Jakarta, Jumat (21/8). MI/ADAM DWI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menghindari pengunduran jadwal Pilkada Serentak 2015, Komisi Pemilihan Umum, pemerintah dan partai politik harus punya strategi jauh-jauh hari. Lembaga-lembaga ini diminta membuat kesepakatan agar jadwal tidak diundur.

"Sekarang mereka harus buat komitmen supaya enggak ada kebuntuan lagi ke depannya. Kalau penting, besok mereka (KPU, pemerintah dan Parpol) bertemu untuk buat komitmen bagaimana supaya optimal," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti, pada program Prime Time News, Metro Tv, Senin (24/8/2015).

Ray curiga, beberapa daerah masih memiliki calon tunggal karena kurangnya dukungan partai. Untuk itu, menurut dia, komitmen perlu dibuat.

"Apakah dua daerah (calon tunggal), persoalannya pada dukungan partai atau tidak. Saya khawatir ada yang tak beres dengan dukungan politik," ucap dia.

Ray menegaskan, KPU dan pemerintah harus belajar dari pengunduran jadwal sebelumnya. Dia  menilai harus ada hitung-hitungan panjang terutama dari KPU sebagai penyelenggara pilkada.

"Jangan kita ulang karena pada masa sosialisasi dan kampanye, masih ada kemungkinan salah satu pasangan meninggal atau sakit. KPU harus ada memperingatkan itu kepada parpol sehingga jangan ada kasusnya baru kita kebingungan," tegas dia.


(OGI)