BEI Siap Sanksi Anggota Bursa yang Short Selling

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 25 Aug 2015 08:22 WIB
short selling
BEI Siap Sanksi Anggota Bursa yang <i>Short Selling</i>
Ilustrasi kegiatan di bursa saham -- FOTO: Antara/FIQIH ARFANI

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan surat penegasan kepada seluruh Anggota Bursa (AB) bahwa mereka tidak diperkenankan untuk melakukan transaksi short selling.

"AB tidak boleh melakukan short shelling," tegas ‎Sekretaris Perusahaan BEI Irmawati Amran, seperti dikutip dalam siaran persnya, Selasa (25/8/2015).

Dia menuturkan, bursa akan melakukan tindakan tegas kepada para anggota bursa tersebut jika diketahui melanggar ketentuan.

Adapun aturan tersebut dalam rangka menjalankan ketentuan dalam Peraturan Bapepam dan LK Nomor V.D.6 tentang Pembiayaan Transaksi Efek oleh Perusahaan Efek bagi Nasabah dan Transaksi Short Selling oleh Perusahaan Efek, Peraturan Bursa Efek Indonesia Nomor III-I tentang Keanggotaan Marjin dan Short Selling, dan Peraturan Bursa Efek Indonesia Nomor II-H tentang Persyaratan dan Perdagangan Efek dalam Transaksi Marjin dan Transaksi Short Selling.

Sekadar informasi, s‎hort selling adalah suatu cara yang digunakan dalam penjualan saham dengan investor meminjam dana (on margin) untuk menjual saham (yang belum dimiliki) dengan harga tinggi, langkah itu memiliki harapan akan membeli kembali dan mengembalikan pinjaman saham pada saat saham turun.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA