Hari Ini Presiden Jokowi Membuka Munas IX MUI

Antara    •    Selasa, 25 Aug 2015 09:17 WIB
dpd
Hari Ini Presiden Jokowi Membuka Munas IX MUI
Presiden Jokowi--Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (munas) IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Surabaya, Jawa Timur. Jokowi bertolak dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, pada pukul 08.00 WIB, Selasa (25/8/2015).

Jokowi tiba di lokasi acara yakni Gedung Negara Grahadi Surabaya didampingi Ibu Negara Iriana pukul 10.20 WIB. Sejumlah pejabat beriringan saat kedatangan Presiden, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anum, Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, Ketua DPD Irman Gusman, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, serta sejumlah kiai dan ulama MUI.

Penyelenggaraan Munas MUI baru kali pertama dilakukan di Kota Pahlawan, Surabaya. Sebelumnya Munas MUI rutin diselenggarakan di Ibu Kota DKI Jakarta.

Munas dihadiri 550 peserta dari kalangan pemuka agama dan aktivis Islam seluruh Indonesia. Tema Munas MUI kali ini yaitu `Islam Wasatiyyah untuk Indonesia yang Berkeadilan dan Berkeadaban`.

"Islam Wasatiyyah adalah sebuah wawasan bahwa umat manusia sebagai hamba ciptaan Allah yang memiliki kecenderungan untuk mengambil jalan tengah dalam kesadaran manusia," kata Ketua MUI Din Syamsuddin dalam sambutannya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/8/2015).

Melalui tema tersebut, Din berharap melalui acara ini anggota MUI dapat mendiskusikan visi dan misi Islam dalam rangka memperbaiki dunia yang kian diserang oleh kerusakan akumulatif menuju ambang kehancuran.

Selain menghadiri Musyawarah Nasional IX MUI, orang nomor satu di Indonesia ini dijadwalkan berkunjung ke Sidoardjo. Pada sore hari, Presiden dan rombongan dijadwalkan tiba kembali di Jakarta.


(YDH)