Sebentar Lagi Bali Akan Punya Kapolda Baru

Damar Iradat    •    Selasa, 25 Aug 2015 09:28 WIB
kemenkumham
Sebentar Lagi Bali Akan Punya Kapolda Baru
Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan--Metrotvnews.com/Giitha Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang tahapan kampanye Pilkada serentak yang akan segera bergulir, Bali masih belum memiliki Kapolda anyar. Keamanan jelang kampanye pun dipertanyakan.

Pihak Mabes Polri menolak anggapan jika mengesampingkan keamanan di Bali jelang kampanye Pilkada. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan pun memastikan jika Kapolda Bali akan segera ditunjuk.

"Enggak lah. Sebentar lagi juga ada (Kapolda baru)," papar Anton di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015).

Namun, siapa sosok pengganti Irjen Pol Ronny F Sompie sebagai Kapolda masih rahasia. Anton sendiri mengaku tidak tahu menahu soal itu. "Ya enggak tahu. Namanya juga TR (Telegram Rahasia). Yang pasti polri tidak akan membiarkan kekosongan Kapolda dalam waktu lama," jelasnya.

Pihak Mabes Polri sendiri sebetulnya telah mengambil ancang-ancang persiapan pengamanan jelang kampanye yang akan dimulai 27 Agustus mendatang hingga 5 Desember. Meski sosok pengganti Irjen Pol Ronny F Sompie belum ditemukan, Wakapolda Brigen Pol I Nyoman Suryastra diyakini mampu mengambil peran tersebut.

"Polri itu bekerja berdasarkan sistem. Jadi, walaupun tidak ada Kapolda, ada Wakapolda. Itu kan sistem, sop-nya ada, SOTK ada, job desk ada, sudah rinci, jangan khawatir. Kapolda dan wakapolda itu satu kotak. Jadi, dua-duanya saling mengisi," bebernya.

Selain itu, Nyoman yang berasal dari Bali ditengarai mampu memahami permasalahan yang terjadi. Ini yang tidak dikhawatirkan Anton. "Wakapoldanya kan orang sana juga, orang Bali. Jadi sudah mengerti dia," tutup Anton.

Seperti diketahui, kekosongan kursi Kapolda Bali terjadi pada 10 Agustus silam. Ronny, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda resmi mengundurkan diri sebagai Kapolda lantaran dilantik sebagai Dirjen Imigrasi.

Pelantikan Ronny ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor.121/M Tahun 2015 tertang hal 27 Juli 2015, pejabat pimpinan tinggi madya yang dilantik adalah Ronny Franky Sompie sebagai Dirjen Imigrasi.


(YDH)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

17 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA