Ini 5 Rekomendasi KMS untuk Pansel KPK

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 25 Aug 2015 09:40 WIB
capim kpk
Ini 5 Rekomendasi KMS untuk Pansel KPK
Ilustrasi suasana wawancara seleksi capim KPK--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Usai mengkritik Panitia Seleksi (Pansel) KPK, kini Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) memberikan lima rekomendasi untuk pelaksanaan seleksi ke depannya. Salah satu koordinator KMS, Febri Hendri memberi masukan agar pansel lebih mempertajam pertanyaan.

Kedua, Febri menyarankan Pansel untuk meningkatkan konsistensi pertanyaan dan perlakuan di antara para calon yang diuji. Salah satunya dengan menyiapkan fokus area pertanyaan yang seragam.

"Dengan demikian akan terungkap calon mana yang bagus dan yang mana yang tidak," kata Febri dalam rilis tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (25/8/2015).

Pada poin ketiga, Febri juga mengusulkan, Pansel harus memberikan pertanyaan yang mampu menjawab kebutuhan KPK ke depan. Ditambahkan dia, rekomendasi ke empat, Pansel KPK juga harus mampu mencari calon terbaik dengan prestasi yang tak terbantahkan dibidang korupsi.

Poin terakhir, Febri berharap pansel dapat menindaklanjuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh KMS ke depannya. "Menjadikan catatan tracking dan sikap kritis koalisi masyarakat sipil terhadap proses seleksi yang dilaksanakan oleh Pansel saat ini sebagai bagian dari mekanisme kontrol publik," pungkas Febri.

Kemarin, Senin (25/8/2015) Pansel KPK telah mewawancara beberapa calon pimpinan KPK, yaitu Ade Maman Suherman, Agus Rahardjo, Alexander Marwata, Brigjen Pol Basaria Panjaitan, Budi Santoso, Chesna Fizetty Anwar, dan Firmansyah TG Satya.

Diketahui, seleksi Capim KPK tahap akhir ini bakal dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Yakni sejak 24 Agustus sampai 26 Agustus di Ruang Serba Guna, Gedung 3, Kementrian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Proses seleksi pun dapat dihadiri publik yang dimaksudkan sebagai tindakan transparan Pansel KPK kepada publik.


(YDH)