Bunuh TKW, Warga Yordania Jalani Pengadilan Militer

Fajar Nugraha    •    Selasa, 25 Aug 2015 09:58 WIB
wni
Bunuh TKW, Warga Yordania Jalani Pengadilan Militer
Foto: Wired

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Karanggeneng, Grobogan, Jawa Tengah meninggal dunia akibat dianiaya oleh majikan. Kejadian ini berlangsung di daerah Irbid Barat, Yordania.

Berita pertama kali diketahui KBRI Amman dari Kepolisian Yordania yang memperoleh laporan dari saudara pelaku (15/8/2015). Menurut hasil visum RS Prince Basmah Irbid, terdapat luka serius bekas penyiksaan di sekujur tubuh almarhumah yang diketahui berinisial S.

"Pelaku saat ini sudah ditangkap dan ditahan di tahanan militer. Yang bersangkutan selanjutnya akan diadili oleh pengadilan militer," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal daka keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (25/8/2015).

Pelaku pembunuhan diketahui istri dari majikan. Pelaku pun merupakan anggota polisi militer, karena itu dia diadili di pengadilan militer.

"Segera setelah mendapatkan informasi tersebut, Dubes RI Amman, Teguh Wardoyo, mendatangi rumah sakit guna memantau penanganan jenazah dan mendoakan jenazah," lanjutnya.

Menurut Iqbal, KBRI selanjutnya mendesak pemenuhan hak-hak korban dari kekuarga pelaku. Melalui upaya tersebut KBRI berhasil mengambil barang2 pribadi almarhumah, sisa gaji selama 6 tahun bekerja dan biaya pemulangan jenazah.

KBRI juga memberikan pendampingan hukum, termasuk dengan menunjuk pengacara, guna mengawal proses peradilan dan memastikan keputusan pengadilan yang seadil-adilnya, khususnya bagi ahli waris almarhumah.

"Keluarga menerima kejadian ini sebagai takdir. Namun demikian, karena penyiksaan yang dilakukan sangat biadab, sesuai harapan keluarga, KBRI akan mengawal kasus ini agar pelaku mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya," imbuh Iqbal.

Jenazah direncanakan akan tiba di Jakarta pada 25 Agustus dan akan ditangani oleh Kemlu bersama BNP2TKI untuk diteruskan ke rumah duka di Grobogan, Jawa Tengah.


(FJR)