3 Negara Asia dengan PDB per Kapita Tertinggi di Dunia

Margaret Puspitarini    •    Selasa, 25 Aug 2015 10:11 WIB
ekonomi dunia
3 Negara Asia dengan PDB per Kapita Tertinggi di Dunia
Ekonomi Singapura melemah di kuartal II. AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa sebenarnya tolok ukur kekayaan materi suatu negara? Sebagian besar pemeringkatan negara terkaya di dunia mempertimbangkan produk domestik bruto (PDB) sebagai acuan.

Namun, penggunaan PDB sebagai tolok ukur, membawa masalah karena tidak mempertimbangkan populasi suatu negara. Padahal, semakin besar tanggungan negara dalam hal ini jumlah penduduk, maka jumlah pendapatan yang diraih setiap warga akan semakin kecil.

Tiongkok misalnya, kerap kali berada di urutan teratas dalam daftar negara terkaya. Padahal dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 miliar, rerata pendapatan per kapita warga negara di Raksasa Asia itu tergolong kecil meski angka PDB mereka sangat besar.

Sementara ada sejumlah negara dengan nilai PDB jauh lebih kecil tapi setiap warganya memiliki rerata pendapatan sangat tinggi. Contohnya ialah Singapura, Brunei Darussalam, Luxemburg, dan Australia.

Pemeringkatan tersebut dirilis oleh Global Finance dengan mempertimbangkan paritas daya beli (purchasing power parity). Artinya, penetapan negara terkaya di dunia tidak hanya melihat PDB tiap negara tapi juga melihat biaya hidup masing-masing bangsa dan laju inflasi di negara tersebut.

Berdasarkan faktor penilaian tersebut, tiga negara di Asia berhasil masuk dalam 10 negara dengan rerata pendapatan masyarakat terkaya di dunia yakni Singapura, Brunei Darussalam, dan Hong Kong. Sisanya dihuni Australia, tiga negara Eropa, dan Amerika Serikat. Demikian seperti dilansir dari The Richest, Selasa (25/8/2015).


(AHL)