Pemprov DKI Siapkan 2 Rusun untuk Warga Bukit Duri

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 25 Aug 2015 10:48 WIB
penggusuran kampung pulo
Pemprov DKI Siapkan 2 Rusun untuk Warga Bukit Duri
Pemukiman di bantaran sungai Ciliwung kawasan Bukit Duri, Jakarta. (Foto: Antara/Prasetyo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan dua rumah susun (rusun) untuk warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, yang terkena proyek normalisasi Kali Ciliwung.
 
"Kami siapkan dua rusun di Cipinang Besar Selatan dan di Pulogebang (Jakarta Timur)," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2015).
 
Ahok mengungkapkan, rusun di Cipinang Besar Selatan memiliki 160 unit dan di Pulogebang terdapat 150 unit. Ahok akan memprioritaskan pembangunan dua rusun tersebut sebelum proses relokasi dilakukan.
 
"Kita selesaikan dulu yang kiri (Kampung Pulo) ini. Kan kontraktor butuh waktu. Target kalau bisa tahun ini. Kalau enggak bisa tahun ini ya tak apa-apa. Target saya tahun ini Kampung Pulo enggak banjir," ujarnya.
 
Meski demikian, Ahok belum memastikan RT dan RW mana saja yang akan direlokasi dari Bukit Duri. Tapi yang pasti, warga yang memiliki sertifikat tanah atau bangunan ada izin, akan diberikan unit dikalikan sesuai kepemilikan.
 
"Ada sertifikat, saya kasih 1,5 kali lipat. Kalau enggak ada sertifikat, bisa buktikan tanah girik atau gimana, bukan jual-beli lahan negara. Tanah girik ada dasarnya. Kalau kamu punya tanah girik ada dasar suratnya saya berani kasih 1,2 kali. Jadi kalau 100 meter saya ganti 120 meter," terang Ahok.
 


(FZN)