25 Calon Haji Embarkasi Batam Gagal Berangkat, Mayoritas karena Visa

Tri Kurniawan    •    Selasa, 25 Aug 2015 11:39 WIB
haji 2015
25 Calon Haji Embarkasi Batam Gagal Berangkat, Mayoritas karena Visa
Jamaah calon haji. Antara Foto

Metrotvnews.com, Batam: Sebanyak 25 jamaah calon haji kelompok terbang pertama Embarkasi Hang Nadim Batam gagal berangkat ke Arab Saudi, Selasa (25/8/2015). Mayoritas penyebabnya karena masalah administrasi.

"Pada kloter 1 ini terdapat 25 calon haji yang tertunda keberangkatannya karena berbagai alasan," kata Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Marwin Djamil saat melepas jamaah calon haji.

Berdasarkan data PPIH, seorang calon haji gagal berangkat karena meninggal, empat orang terkendala paspor, 15 orang karena terkendala visa, seorang karena sakit, dan dua orang karena menemani calon haji yang sakit, serta
seorang transfer ke kloter lain.

Empat orang jamaah calon haji terkendala paspor karena foto dalam lembaran dokumen imigrasi kurang jelas terbaca oleh sistem e-Hajj Kedutaan Besar Saudi Arabia. Sedangkan yang visanya belum keluar ada 15 orang.

Seorang calon haji pendamping yang visanya belum keluar memutuskan menunda keberangkatan agar bisa pergi ke Tanah Suci bersama istrinya.

Seorang jamaah yang tidak berangkat karena sakit bernama Mutini binti Kusran Idris asal Batam, dengan dua orang pendamping yaitu Betty Gusriana dan Muhammad Razalo Karnen. Calon haji yang meninggal bernama Dedi Rahman Bujang.

(Klik: Menteri Agama Minta Maaf Banyak Calon Haji Bermasalah pada Visa)

Kloter pertama Embarkasi Batam akan tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 15.20 waktu Arab Saudi. Jamaah direncanakan kembali ke Tanah Air pada 3 Oktober.

Tahun ini, Embarkasi Batam memberangkatkan 8.911 jamaah calon haji yang terdiri dari 795 orang asal Kepulauan Riau (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 asal Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 asal Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 asal Jambi (kloter 16-20). (Antara)


(TRK)