RUU Disabilitas Ditargetkan Selesai Desember

Anggitondi Martaon    •    Selasa, 25 Aug 2015 11:44 WIB
dpr ads
RUU Disabilitas Ditargetkan Selesai Desember
Penyandang disabilitas mengikuti Karnaval Budaya Disabilitas di kawasan Silang Monas, Jakarta -- ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) Disabilitas sudah memasuki tahap menyempurnakan daftar inventarisasi masalah. Komisi VIII menargetkan RUU Disabilitas akan selesai dibahas pada Desember.

"Nanti setelah itu kita akan melakukan finalisasi draft-draft akhir dalam RUU, kemudian kita akan menyerahkan ke Badan Legislasi untuk diharmonisasi dengan UU yang lain. Sehingga tidak ada kontradiksi dan pertentangan dengan UU yang telah dibuat," kata Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay di ruang rapat Komisi VIII, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Selanjutnya, kata Saleh, draf RUU Disabilitas akan dikirim ke paripurna untuk menjadi pembahasan di DPR. Setelah itu baru ke pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial.

"Jika sudah disetujui, akan kita ketok. Target kita paling akhir Bulan Desember UU sudah selesai," katanya.

Saleh menegaskan, UU Disabilitas akan lebih mengutamakan hak-hak primer penyandang disabilitas. Termasuk hak untuk mendapatkan kebutuhan primer seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya.

"Hak politik dari penyandang disabilitas juga diatur, karena mereka berhak untuk dipilih dan memilih. Hak untuk mengikuti segala proses demokrasi yang ada di Indonesia. Mereka juga berhak untuk menempati posisi strategis di lembaga ketatanegaraan," terangnya.


(NIN)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA