Pansel Capim KPK Tanya Asal Harta Berlimpah Hendardji Soepandji

Dheri Agriesta    •    Selasa, 25 Aug 2015 11:45 WIB
capim kpk
Pansel Capim KPK Tanya Asal Harta Berlimpah Hendardji Soepandji
Capim KPK Hendardji Soepandji.--Foto: MTVN/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Hendardji Soepandji merupakan salah satu purnawirawan TNI yang ikut bertarung dalam pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Panitia seleksi capim KPK menanyakan harta yang dimiliki Hendardji.

Pansel KPK menyebut harta yang dimiliki Hendardji, menurut laporan tahun 2012, menyentuh angka Rp32,2 miliar dan US$406.000. Hendardji yakin memperoleh harta dengan wajar.

"Saya kira wajar. Itu harta kami berdua, saya dan istri saya. Saya 36 tahun di TNI. Sementara istri saya 33 tahun bekerja," kata Hendardji dalam wawancara terbuka di Gedung III Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2015).

Semasa tugas, Hendardji memenuhi kewajiban untuk membina tentara-tentara yang baru. Selain itu, ia juga kerap melakukan kunjungan luar negeri. "Kunjungan ke luar negeri ini tentu tidak dengan rupiah, tapi dengan dolar," kata dia.

Hendardji menegaskan harta yang ia punya diperoleh dengan wajar. Ia telah melaporkan ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) berkali-kali.

"Yakin 2002, 2006, 2011 saya melapor harta kekayaan. Saya undang KPK saat saya bantu untuk mengawasi. Tahun 2012 saya melapor lagi," jelas dia.

Saat ditanya selepas wawancara mengenai jumlah uang dolar Amerika yang ia miliki, Hendardji mengaku tak ingat jumlah pastinya. "Tabungan dolar saya lupa angka pastinya, tapi tercatat di LHKPN," kata dia.

Hendardji memastikan dirinya bersih dari gratifikasi. Saat bertugas dulu ia pernah ditawari sejumlah uang saat menangani sebuah kasus. Ia menolak tawaran itu.

"Tidak pernah (gratifikasi). Ditawari dulu pernah. tapi saya tolak. Saat saya memberantas judi tahun 97, ada cukong yang menawarkan 100 juta tapi saya tolak," tandas dia.


(MBM)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA