Menabung 8 Tahun, Tukang Sampah Naik Haji

Catur Irawan    •    Selasa, 25 Aug 2015 12:16 WIB
haji 2015
Menabung 8 Tahun, Tukang Sampah Naik Haji
Suparning, tukang sampah yang berhasil naik haji. (Metrotv/Catur Irawan)

Metrotvnews.com, Surabaya: Uang yang kerap dianggap recehan oleh sebagian orang, justru mampu mengantar Suparning ke Tanah Suci. Dengan uang lima ratus hingga seribu rupiah yang ia kumpulkan, tukang sampah ini mampu memenuhi panggilan Allah SWT.

"Saya nabung selama enam tahun. Ya lima ratus, seribu, pokoknya saya tabung. Alhamdulillah kumpul duit bisa untuk ongkos," ujar Suparning, 54, ketika ditemui di asrama haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/8/2015).

Sebagai tukang sampah, janda empat anak sekaligus empat cucu ini tiap bulan mendapat gaji Rp1 juta. Setelah untuk kebutuhan sehari-hari, uang itu ia sisihkan untuk pergi ke Tanah Suci. Dalam dua tahun, Suparning bisa mengumpulkan Rp20 juta.

"Uang itu untuk dibayarkan ongkos. Ada segitu, dibayarkan itu dulu, lalu nabung lagi. Baru empat tahun kemudian dilunasi," kata warga Asemrowo, Kota Surabaya itu.

Kebiasaan Suparning memungut sampah tidak serta merta hilang ketika tinggal di asrama haji Sukolilo. Padahal, dia menjadi salah satu jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) lima.

Suparning mengaku tidak bisa melihat sampah berserakan. Buktinya, sebelum berangkat dengan kelompok terbang (kloter) lima, Suparning masih menyempatkan diri membersihkan sampah yang berserak. 


(SAN)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

8 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA