Ahok Juga Incar Gusur Kawasan Condet

Ilham wibowo    •    Selasa, 25 Aug 2015 12:29 WIB
penggusuran kampung pulo
Ahok Juga Incar Gusur Kawasan Condet
Warga Jalan Buluh RT 10 RW 16, Condet menolak pembongkaran dampak normalisasi Kali Ciliwung. (Foto: MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggusur rumah yang berdiri di bantaran Kali Ciliwung di kawasan Condet di Kelurahan Bale Kambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur. Pemerintah tinggal mengeksekusi.
 
Sekretaris Kelurahan Bale Kambang Benarsih Sigalingging mengatakan, sosialisasi normalisasi kali Ciliwung sudah dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Timur bersama tokoh masyarakat.
 
"Sudah pernah sosialisasi bersama tokoh masyarakat kelurahan dengan tim pembebasan normalisasi Kali Ciliwung (Pemkot Jaktim). Pemberitahuan akan ada pelaksanaan normalisasi kali sekitar tahun lalu," kata Benarsih saat ditemui Metrotvnews.com, Selasa (25/8/2015)
 
Teknis pembebasan lahan belum dilakukan. Pihaknya masih menunggu tahapan yang dilakukan tim pembebasan, setelah itu pendataan dan pemetaan jumlah hunian warga yang terkena dampak baru bisa dilakukan.
 
"Pengukuran dan pematokan belum dilakukan. Jumlah rumah dan jumlah keluarga yang kena juga belum dilakukan pendataan," katanya.
 
Ia mengungkapkan, dari lima RW, empat di antaranya akan kena penggusuran. Namun, jumlah hunian yang terkena dampak normalisasi belum bisa dipastikan.
 
"Tidak semua, beberapa ada di RW 1, 2, 4, dan 5. Memang bangunannya mepet ke lokasi normalisasi. Sampai sekarang saya belum tahu berapa meter yang mau dibebaskan, jadi jumlah (hunian yang terkena dampak) pastinya pun saya belum bisa menyampaikan," ujarnya.


(FZN)