Uji Nyali Anggota TNI, Latihan di Bawah Desingan Peluru Tajam

Ilham wibowo    •    Selasa, 25 Aug 2015 13:13 WIB
tni
Uji Nyali Anggota TNI, Latihan di Bawah Desingan Peluru Tajam
Batalyon Infanteri 321/Galuh Taruna menggelar latihan dopper di kawasan Pusdikif Cipatat, Bandung. Foto: Yonif 321

Metrotvnews.com, Bandung: Batalyon Infanteri 321/Galuh Taruna menggelar latihan dopper di kawasan Pusdikif Cipatat, Bandung, Jawa Barat. Suasana latihan penuh ketegangan karena 124 siswa Raider harus merayap di bawah desingan peluru tajam.

Perwira Koordinator Dopper Kapten Infantri T.M. Gea memimpin langsung latihan ini. Meski penuh semangat, anggota harus ekstra hati-hati mengikuti kegiatan ini karena berisiko tinggi.

"Para prajurit melakukan uji nyali dengan cara merayap di antara derasnya renteten peluru tajam yang dihujankan para pelatihnya dari belakang," kata Kapten Gea.

Kapten Gea menyampaikan, latihan dopper salah satu program Raider untuk membentuk mental prajurit Raider yang handal dan mampu berpikir jernih. Meski di bawah lintasan peluru mereka dituntut mampu menembak sasaran dengan baik.


 
Latihan penuh resiko ini tidak hanya diikuti oleh anggota dari strata bawah, tetapi seluruh unsur pendukung. Bahkan, komandan Batalyon wajib mengawali merayap. Dari arah belakang, para pelatih menembakkan peluru ke tanah di kanan dan kiri tubuh peserta.

Tanah berlumpur dengan jarak tempuh 30 meter itu rata-rata ditempuh oleh para peserta latihan dalam waktu kurang dari lima menit.


(TRK)