Dolar Melonjak, Money Changer Ini Malah Sepi Peminat

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 25 Aug 2015 13:13 WIB
rupiah melemah
Dolar Melonjak, <i>Money Changer</i> Ini Malah Sepi Peminat
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Di kala beberapa money changer menuai untung akibat melemahnya rupiah, tidak demikian dengan PT Emerald Valas Indo. Money changer ini hanya melayani tidak kurang dari 10 orang yang melakukan transaksi jual beli mata uang asing.

Hari kedua setelah dolar Ameriksa Serikat (AS) menguat terhadap rupiah yang mencapai Rp14.000 ternyata tidak membuat heboh orang untuk tetap menukarkan USD-nya. Money changer ini bahkan mengaku hanya melayani tidak kurang dari 10 orang.

"Dari pagi hingga sekarang sedikit orang yang datang ke Money Changer. Yang datang cuma enggak lebih dari 10 orang dan itu juga enggak semuanya tukar USD," ujar Siska, petugas jaga Money Changer, kepada Metrotvnews.com, di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2015).

Dia menambahkan, sebagian besar orang yang datang ke tempatnya hanya sekadar menanyakan kurs jual USD di tempatnya. Sedangkan sisanya datang untuk menukarkan sebanyak USD200 atau setara Rp2,74 juta (Rp13.700 per USD). Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, money changer tersebut hanya melayani kurs jual saja, di mana kurs jual mencapai Rp13.700 per USD.

"Tadi beberapa yang datang menukarkan dolarnya sebesar USD200. Sebagian besar yang datang cuma tanya-tanya tentang USD saja," tambah Siska.

Menurutnya, biasanya orang banyak yang datang ke money changer sekitar malam hari. Namun demikian, bagi Siska tidak ada peningkatan pengunjung di tempatnya saat USD sedang menguat.


(AHL)