Mentan Optimalkan Persawahan di Sebagian Sumatera & Kalimantan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 25 Aug 2015 13:24 WIB
kementan ads
Mentan Optimalkan Persawahan di Sebagian Sumatera & Kalimantan
Illustrasi sawah. ANTARA/Nyoman

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjelaskan akan mengatasi dampak El Nino di Indonesia di bagian Selatan dan Timur seperti NTT, Jawa, Bali, dan Sulawesi dengan mengoptimalkan persawahan di Kalimantan dan Sumatera untuk menanam padi.

‎"Kami sampaikan strategi menangani dan menghadapi El Nino sekarang. Kami mengoptimalkan seluruh potensi sawah persawahan di Kalimantan dan Sumatera, kecuali Lampung," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2015).

Dirinya menambahkan, di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan kekeringan meeupakan rahmat karena bisa dimanfaatkan untuk menanam padi sebab daerah persawahannya tergolong pasang surut dan lebak.

"‎Dan perlu kami sampaikan Sumatera sebagian dan Kalimantan kekeringan itu rahmat bagi daerah sawah pasang surut dan lebak, karena air lagi turun, jadi kesempatan tanam padi," jelas dia.

Untuk memaksimalkan wilayah tersebut, Amran akan memberikan bantuan pompa air dan alat mesin pertanian. Selain itu, akan dilakukan juga hujan buatan guna meminimalisir akibat dari El Nino.

"Luasnya Sumatera ada 2 juta hektare (ha) dan Kalimantan 1 juta ha, ini kita optimalkan. Ada bantuan pompa dan alat mesin pertanian ke daerah tersebut. Sebentar lagi kami juga akan meluncurkan hujan buatan," pungkas dia.



(SAW)