Normalkan Harga Beras di Manado, Bulog Didesak Operasi Pasar

Antara    •    Selasa, 25 Aug 2015 13:37 WIB
beras
Normalkan Harga Beras di Manado, Bulog Didesak Operasi Pasar
Ilustrasi beras bulog. ANT/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Manado: Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado mendesak pemerintah daerah bersama Bulog melakukan operasi pasar (OP) untuk menormalkan harga beras yang naik sejak pekan lalu.

Pekan lalu, harga beras jenis medium masih berada di kisaran Rp570 ribu-Rp580 ribu untuk kemasan 60 kilogram (kg), sekarang naik sampai menyentuh Rp640 ribu per 60 kg, atau sekitar 11 persen. 

Ketua Komisi B Revani Parasan mengatakan kenaikan beras sudah terjadi di pasar-pasar tradisional dan sudah pasti di modern juga akan sama karena hukum pasar itu berlaku sama.

Dia mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk melakukan koordinasi dengan Bulog supaya bisa mengatasi hal tersebut. Legislator lain Arthur Rahasia mengaku menerima banyak keluhan masyarakat tentang kenaikan harga beras.

"Rata-rata ibu-ibu rumah tangga mengeluhkan hal tersebut dan minta agar kami selaku wakil rakyat menyampaikan kepada pemerintah melakukan langkah untuk cepat mengatasi hal tersebut jangan harga melambung terlalu tinggi," katanya di Manado, Selasa (25/8/2015)

Arthur  mengatakan langkah tersebut harus segera diambil agar tidak terjadinya kepanikan dan menimbulkan masalah baru masyarakat karena melakukan aksi borong terhadap beras dan membuat harga menjadi makin naik.

Seorang warga Tuminting, Alfien Manoppo, mengatakan, harga beras jenis medium naik sudah naik dari biasanya Rp10.500 per kg menjadi Rp12.000 per kg.

"Itu memberatkan, belum lagi harga kebutuhan lain masih tinggi kami mohon pemerintah melakukan langkah untuk membantu masyarakat agar tidak dibebani dengan kenaikan harga kebutuhan pokok," katanya.


(SAW)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

1 hour Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA