GIIAS 2015

Tata Motors Pusatkan Perhatian di Kendaraan Niaga Pedesaan

Ahmad Garuda    •    Selasa, 25 Aug 2015 13:38 WIB
giias 2015
Tata Motors Pusatkan Perhatian di Kendaraan Niaga Pedesaan
Tata Motors fokus ke segmen mobil pedesaan bermesin diesel dan berkapasitas mesin kecil. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, BSD City: Bersamaan dengan berlangsungnya event GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memaparkan strategi pasar mereka di Indonesia. Yaitu mengenai penetrasi di segmen kendaraan niaga kapasitas kecil untuk pedesaan.

"Indonesia tidak berbeda jauh dengan kondisi India, banyak desa-desa pedalaman yang tidak terjangkau kendaraan niaga besar. Padahal biasanya yang jadi sumber daya bahan pangan, dari pedesaan tersebut. Di Indonesia, kendaraan di pelosok desa justru sangat diperlukan, karena lebih dari 50 persen bagian negara ini adalah desa yang tak terjangkau dengan kendaraan besar," ujar Biswadev Sengupta, President Director TMDI di ICE pada Senin sore 24 Agustus.

Artinya komitmen besar juga harus disertai dengan pelayanan purna jual yang memadai. Meski diklaim bahwa mobil mereka sangat tangguh karena fokus di mesin diesel berkapasitas kecil, tapi namanya mesin tetap saja butuh perawatan dalam jangka waktu tertentu.

"Oh, kami sangat siap dengan semua itu. Tata Motors bahkan berkomitmen untuk tidak menjual produk di zona yang melebihi jarak 25 kilometer dari jangkauan TCW (Tata Certified Workshop) yang saat ini sudah berjumlah 60 unit. Jadi tidak perlu takut. Kami akan lebih dulu membangun jaringan TCW baru menjual produk di sebuah daerah," lanjutnya.

TCW sendiri merupakan pelayanan bengkel setara 2S alias Service dan Sparepart. Sementara untuk bengkel besar, TMDI baru membangun 16 unit di Indonesia.

"Kami sekarang lebih fokus di segmen mobil niaga untuk pedesaan. Tapi jelas kami juga tidak menutup kemungkinan jika memang ada pesanan mobil penumpang. Tetap akan kami pasok. Namun strateginya sedikit berbeda untuk itu."

Jika strategi mereka tepat, bisa jadi Tata Motors bakal menjadi batu ganjalan bagi APM Jepang yang selama ini bermain di segmen mobil komersil kecil seperti Mitsubishi, dan Suzuki.
 


Untuk informasi lebih lanjut tentang event GIIAS 2015, silakan kunjungi www.indonesiaautoshow.com. Follow juga akun Twitter resmi @GIIAS_ID dan Facebook GIIAS 2015.
 
Silahkan kirim ke otomtvn@gmail.com, untuk berbagi informasi seputar dunia otomotif (Mobil, Motor, Tips, Modifikasi hingga Foto dan Video unik). 


(UDA)