5 Kebiasaan Penyebab Gemuk

   •    Selasa, 25 Aug 2015 14:39 WIB
diet
5 Kebiasaan Penyebab Gemuk
Makan dengan cepat akan memicu tubuh Anda gemuk (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar wanita berusaha keras mendapatkan berat badan ideal dengan cara berdiet.

Tubuh gemuk selain membuat penampilan kurang sedap dipandang, juga mengandung banyak faktor risiko kesehatan seperti diabetes.

Sebelum memutuskan berdiet, Anda perlu mencari tahu penyebab tubuh menjadi gemuk.

Berikut lima kebiasaan yang sepatutnya Anda hindari jika tak ingin timbangan terus naik.

1. Makan cepat
Para ahli meyakini orang yang makan dengan cepat atau menggigit makanan dengan porsi besar, maka akan mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan mereka yang lebih lambat dalam mengunyah. Sebab, mengunyah lebih lambat dapat memberikan Anda perasaan cukup makan dan tidak gampang lapar.

2. Tidak minum cukup air
Orang yang kurang minum air sepanjang hari, rentan kelebihan berat badan daripada mereka yang mendapat cukup asupan air. Hal ini karena air berperan mengeluarkan racun dalam tubuh yang membuat Anda merasa kembung.

3. Makan di piring besar
Ada keyakinan yang mengatakan makan di piring besar cenderung membuat Anda mengambil makanan lebih banyak ketimbang jika makan menggunakan piring kecil. Penyebabnya, semakin besar piring Anda, maka Anda terdorong mengambil makanan lebih banyak. Jadi, cara terbaik untuk mengendalikan nafsu makan adalah dengan memakai piring kecil.

4. Kurang istirahat
Berat badan naik bukan hanya karena makanan, namun pola istirahat Anda pun memiliki andil. Kurang tidur menyebabkan kalori dalam tubuh menumpuk. Untuk Anda ketahui, saat tidur tubuh membakar banyak kalori.

5. Bergaul dengan teman yang menganut pola hidup tidak sehat
Apabila Anda bergaul dengan orang yang makan dan minum tidak sehat, Anda juga akan berlaku demikian. Saat kalian makan bersama, pasti Anda akan memesan makanan yang sama dengan teman karena Anda tidak punya banyak pilihan. Maka dari itu, pastikan lingkungan pertemanan Anda adalah orang-orang dengan gaya hidup sehat. (Sumarni/Times of India)


(ROS)