Tentukan Kebijakan Tangani El Nino, Pemerintah Kalibrasi Data

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 25 Aug 2015 15:07 WIB
elnino
Tentukan Kebijakan Tangani El Nino, Pemerintah Kalibrasi Data
Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil -- FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)/Menteri PPN Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan melakukan kalibrasi data, guna memperoleh data yang sama untuk menangani masalah pangan dan antisipasi El Nino.

"Rapat hari ini ingin bicara tentang masalah pangan, beras terutama dengan El Nino yang paling penting perlu mengkalibrasi data. Semua data perlu kalibrasi sehingga kita yakin data yang paling realiable, karena masing-masing pihak beda-beda," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2015).

Dirinya menambahkan, kalibrasi data ini juga untuk menghindari perbedaan data antarkementerian. Selain itu, dengan persamaan data maka akan ada kesamaan dalam mengambil kebijakan.

"Walaupun enggak jauh beda, tetapi kalau data tidak punya keyakinan akan mempengaruhi kebijakan. Salah satu program Pak Darmin, data harus jadi perhatian pertama kita. Yang lain, kalau data yakin kebijakan akan lebih mudah," jelas dia.

Dengan kalibrasi data tadi, Sofyan berharap pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan akan lebih mudah.

"Begitu bicara data bisa bicara macam-macam, apakah sawah sudah diambil pertimbangan tentang konversi. Oleh sebab itu dan sudah ada kesimpulan tentang kalibrasi data, apakah produksi beras, Bulog, dan lain-lain," pungkasnya.


(AHL)