Rusuh di Penampungan Palestina, Tiga Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Selasa, 25 Aug 2015 16:50 WIB
palestina
Rusuh di Penampungan Palestina, Tiga Orang Tewas
Kerusuhan di penampungan Palestina (Foto: Naharmet)

Metrotvnews.com, Sidon: Kerusuhan terjadi antara dua kelompok yang bertikai di lokasi penampungan pengungsi Palestina di Lebanon. Tiga orang tewas dalam kejadian ini.

Insiden berlangsung di penampungan Ain al-Hilweh yang berada di selatan Kota Sidon. Baku hantam terjadi kelompok Jund al-Sham dan kelompok Fatah.

Kejadian ini memaksa ratusan warga yang bermukim di Ain el-Hilweh keluar dan menyelamatkan diri di masjid setempat.

Petugas medis menyebutkan, selain menewaskan tiga orang, kerusuhan ini juga melukai 35 orang lainnya. Sementara ambulans tidak bisa masuk ke penampungan karena kerusuhan yang terjadi sudah sangat parah.

Dua korban tewas dalam kejadian ini merupakan anggota Fatah. Sementara satu orang lainnya yang tewas, belum diketahui identitasnya.

"Suara tembakan dan roket bisa terdengar ke wilayah Sidon. Pasukan Lebanon pun harus menempatkan prajurit mereka di empat pintu masuk Ain el-Hilweh," ujar korensponden AFP, Selasa (25/8/2015).

Adapun kerusuhan ini terjadi pada Sabtu (23/8/2015) setelah dua anggota Fatah terbunuh saat terjadi percobaan pembunuhan oleh kelompok Ashraf al-Armoushi. Kerusuhan kemudian berlanjut sporadis hingga akhir pekan.

Ketegangan kerap terjadi antara faksi Palestina dalam beberapa bulan terakhir. Sesuai kesepakatan militer Lebanon tidak diperbolehkan untuk masuk ke wilayah penampungan dan membiarkan kelompok itu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kondisi ini menciptakan wilayah tak bertuan di dalam penampungan, sementara di saat bersamaan kelompok ekstrimis dan buronan ditempatkan di Ain el-Hilweh. Masalah terus bertambah ketika di saat bersamaan penampungan ini juga menjadi rumah bagi 54 ribu pengungsi Palestina yang terdaftar.


(FJR)