BI Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar

Antara    •    Selasa, 25 Aug 2015 18:02 WIB
bank indonesia
BI Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar
Bank Indonesia (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Semarang: Bank Indonesia Kantor Perwakilan V Jateng-DIY meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar melalui program Indonesia Mengajar. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran tentang keuangan dan nantinya berdampak kepada tingkat kesejahteraan.

"Program ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka HUT ke-70 RI dan HUT ke-62 BI. Jadi kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Jateng tetapi juga di seluruh Indonesia," kata Kepala BI Kanwil V Iskandar Simorangkir, usai mengedukasi pelajar SMA Pangudi Luhur Don Bosco, di Semarang, Selasa (25/8/2015).

Untuk Semarang sendiri, selain SMA Pangudi Luhur DOn Bosco, kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMA Negeri 9. Sedangkan di bawah Kanwil V yaitu Solo, Purwokerto, dan Tegal juga melakukan kegiatan serupa dengan melibatkan sekolah tingka atas setempat.

"Program ini sangat baik karena berdasarkan pengalaman dari negara-negara lain, pengetahuan dan teknologi adalah modal dasar untuk mengejar ketertinggalan," katanya.

Diharapkan, dengan semakin meningkatnya kecerdasan masyarakat sejak dini, akan semakin tinggi pula produktivitasnya. Jika orang tersebut semakin tinggi produktivitasnya akan lebih mudah memperoleh pendapatan yang lebih besar.

Pada kesempatan tersebut, BI mengenalkan tentang bank sentral berikut fungsi dan tujuannya. Pada dasarnya, bank sentra Indonesia yaitu Bank Indonesia memiliki peran sebagai otoritas moneter. Pada peran tersebut, BI diwajibkan menjaga jumlah uang yang beredar harus sejalan dengan ekonomi. BI mengendalikan uang beredar melalui suku bunga.

"Jika ingin mendorong pertumbuhan ekonomi maka suku bunga diturunkan, tetapi risikonya adalah biaya kredit menjadi lebih murah, orang berbondong-bondong ke perbankan untuk mengajukan kredit. Dampaknya adalah jumlah uang beredar akan semakin banyak," katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah melalui BI pada momentum tertentu harus menaikkan suku bunga untuk menekan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Selain itu, bank sentral memiliki tujuan tunggal yaitu menjaga stabilitas ekonomi. Menurutnya, memelihara inflasi agar selalu berada di level rendah merupakan salah satu hal yang menjadi kerangka kebijakan moneter.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA