BI: Cadangan Devisa Cukup untuk Stabilisasi Rupiah

Antara    •    Selasa, 25 Aug 2015 18:43 WIB
cadangan devisa
BI: Cadangan Devisa Cukup untuk Stabilisasi Rupiah
Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai jumlah cadangan devisa Indonesia saat ini yang mencapai USD107,55 miliar masih dalam kondisi cukup untuk stabilisasi nilai tukar rupiah yang terus melemah akhir-akhir ini.

"Sampai dengan saat ini kami merasa cadangan devisa USD107 miliar masih cukup untuk stabilisasi rupiah," kata Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Perry menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai macam uji coba kebutuhan cadangan devisa apabila terjadi arus modal keluar (capital outflow) dan posisi cadangan devisa saat ini dinilai masih cukup memadai.

Namun, lanjut Perry, pihaknya menyediakan alternatif lain berupa kerja sama bilateral swap dengan sejumlah negara sebagai antisipasi berkurangnya cadangan devisa. "Memang kita ada suatu payung second line of defense untuk memastikan memberikan confidence kepada pasar jika memang diperlukan, tidak cuma USD107 miliar itu. Tapi kami confident itu masih cukup," kata Perry.

Terkait dengan penguatan USD seiring dengan rencana kenaikan suku bunga the Fed, Perry menilai, reaksi pasa cenderung berlebihan sehingga memberikan tekanan terhadap rupiah. "Pelemahan rupiah sudah overshoot. Sudah terlalu jauh, tapi memang itulah kondisi yang dihadapi di sisi global," pungkas Perry.


(ABD)