Kalteng Serap APBD Tertinggi dalam Tujuh Bulan 2015

Arif Wicaksono    •    Selasa, 25 Aug 2015 19:47 WIB
apbd
Kalteng Serap APBD Tertinggi dalam Tujuh Bulan 2015
Ilustrasi Serapan APBD. ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat peringkat pertama/tertinggi dalam realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) se-Indonesia. Serapan anggaran pada posisi 31 Juli 2015 ini sebesar 56 persen.

Terkait realisasi anggaran, Asisten II Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Syahrin Daulay mengatakan apa yang dicapai oleh Provinsi Kalimantan Tengah tidak serta merta mudah diperoleh. Perencanaan yang baik, menurutnya, kunci keberhasilan penyerapan anggaran.

“Ini tidak ujuk-ujuk kita peroleh. Perencanaan yang matang dan baik adalah kuncinya. Dan ini sudah kita mulai sejak beberapa tahun yang lalu sejak periode pimpinan Pak Teras Narang (Gubernur Kalimantan Tengah sebelumnya),” tutur dia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Mantan Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah ini menambahkan, agar serapan anggaran bisa terealisasi dengan cepat dan sesuai dengan jadwal, pelaksanaan lelang baik fisik ataupun nonfisik dilakukan pada akhir tahun. Syahrin menjelaskan, ini dilaukan agar pelaksanaan proyek bisa dilakukan di awal tahun.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyusun perencanaan untuk 2015 ini di 2014. Begitu pula proses lelang kegiatan, dilakukan di akhir 2014. Ini dilakukan agar proses penyerapan anggaran dan pembangunan di 2015 bisa berjalan efektif,” tuturnya. 

Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga dalam realisasi APBD masing-masing ditempati oleh Provinsi Gorontalo dengan serapan 53,8 persen dan Maluku Utara sebesar 53 persen.

Dilaporkan pula bahwa realisasi belanja APBD pada posisi 31 Juli 2015 rata-rata sebesar 36,5 persen di mana APBD Provinsi rata-rata sebesar 39,2 persen dan APBD Kabupaten/Kota rata-rata sebesar 24,29 persen. 



(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA