Api di Hutan Gunung Lawu Nyala Lagi, Relawan Dikerahkan

Pythag Kurniati    •    Selasa, 25 Aug 2015 19:49 WIB
kebakaran hutan
Api di Hutan Gunung Lawu Nyala Lagi, Relawan Dikerahkan
Relawan siap bergerak menuju hutan Gunung Lawu untuk memadamkan api. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Karanganyar: Puluhan relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, polisi hutan, serta pecinta alam dikerahkan untuk memadamkan api di hutan Gunung Lawu wilayah Karanganyar.

Mereka bergerak pada Selasa, 25 Agustus, dengan membawa cangkul dan gepyok untuk memadamkan api. Para relawan diberangkatkan dari beberapa jalur pendakian seperti Cemoro Kandang, Cetho, Tahura, dan Tambak.

Petugas polisi hutan, Margo Saptono, mengatakan alat-alat yang mereka bawa untuk memadamkan api disesuaikan dengan lahan yang terbakar. “Karena yang terbakar semak, kita memakai peralatan manual seperti cangkul, gepyok, dan parang,” ungkapnya.

Kebakaran di hutan Gunung Lawu diperkirakan merupakan percikan api dari Gunung Lawu wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Api sempat padam, namun kembali menyala dan merembet hingga kawasan hutan lindung di Jawa Tengah.

Kepala BPBD Karanganyar Nugroho mengatakan api masih menyala di area petak 63 F dan 63 G resor pemangkuan hutan Ngelerak, di Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar.

“Belum dapat dipastikan berapa lahan yang terbakar, namun api kita perkirakan merembet hingga tiga kilometer,” pungkas dia.


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

11 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA