Tiongkok Kembali Pangkas Suku Bunga

Arif Wicaksono    •    Selasa, 25 Aug 2015 19:50 WIB
tiongkok
Tiongkok Kembali Pangkas Suku Bunga
tiongkok. foxnews

Metrotvnews.com, Beijing: Bank Sentral Tiongkok memangkas suku bunga dan menurunkan rasio cadangan bank untuk kedua kalinya pada Selasa (25/8/2015). Ini merupakan kebijakan untuk menahan perlambatan ekonomi dan kejatuhan pasar modal yang terjadi secara global.

Seperti dikutip Reuters, Selasa (25/8/2015), langkah ini dilakukan setelah bursa saham Tiongkok jatuh lagi karena investor menantikan kebijakan pemerintah dari Beijing seiring dengan respons dari data perlambatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Bank Sentral Tiongkok menuturkan mereka telah memangkas tingkat suku bunga dengan mencapai 25 bps ke 4,6 persen. Dia juga memangkas besar deposit dengan tingkat yang sama dan menguragi dana cadangan perbankan sebanyak 50 bps atau 18 persen kepada sejumlah bank besar.

Saham besar di Tiongkok jatuh sebanyak lebih dari tujuh persen dan menyentuh titik terendahnya semenjak desember dan melanjutkan kejatuhan setelah pada senin jatuh sebanyak delapan persen.

Ekonomi di ANZ Bank Liu Gang mengatakan ini merupakan salah satui langkah untuk memberikan stimulus bagi pasar sehingga pertumbuhan ekonomi bisa membaik ketimbang dengan data pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2015.

“Dengan langkah ini diharapkan pemerintah dapat mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen,” kata dia seperti dikutip Reuters, Selasa (25/8/2015).

Dia mengatakan penurunan dana cadangan merupakan elemen paling penting dari aksi PBOC sama seperti saat PBOC menyuntik sebanyak USD101 miliar untuk mencegah perlambatan ekonomi. 

Tiongkok menjadi salah satu mesin perlambatan ekonomi yang menjadi kekhawatiran investor global yang memprediksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan tumbuh lebih rendah dari target pemerintah sebesar tujuh persen di 2015. 


(SAW)