Ratusan Bangunan di Bandung Rentan Terbakar

Roni Kurniawan    •    Selasa, 25 Aug 2015 22:46 WIB
kebakaran
Ratusan Bangunan di Bandung Rentan Terbakar
Kebakaran Pasar Cimahi beberapa waktu lalu. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 457 bangunan di Kota Bandung saat ini masuk dalam kategori rentan terbakar. Hal itu dikuatkan dengan data hingga 25 Agustus ini sudah terjadi 105 peristiwa kebakaran yang sebagian besar terjadi di kawasan padat penduduk.

"Masih ada 457 bangunan yang rentan terbakar," kata Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Ferdi Ligaswara, di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/8/2015)

Sumber kebakaran, kata dia, bisa berasal dari kobaran api kecil yang disulut kemarau panjang. Embusan angin kencang dan posisi bangunan yang berhimpitan membuat api gampang membesar.

Ia menilai, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya penanggulanganan kebakaran sejak awal, masih minim. Ia mengharapkan warga yang hendak membangun rumah turut memperhitungkan kondisi bangunan agar tidak mudah terbakar.

Guna mengantisipasi hal itu, lanjut Ferdi, pihaknya akan menyediakan tandem air, baik berupa sumur maupun bak air.

"Jadi, ketika terjadi kebakaran, air itu bisa digunakan. Ketika kemarau, bisa digunakan untuk menyiram tanaman yang kering," katanya.

Sudah ada beberapa wilayah di Bandung yang sudah menyediakan tandem air. Namun, untuk memastikan agar di setiap wilayah tersedia, pihaknya sudah memberikan surat edaran ke setiap kecamatan.

"Kalau untuk ukuran bervariasi. Di daerah yang kepadatan penduduknya tinggi minimal bisa 2x3 meter atau bisa menampung hingga 5.000 liter air," katanya.


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA