Nasib Sial Chelsea dan Keterpurukan Cuadrado Jadi Keuntungan Untuk Juventus

Hilman Haris    •    Selasa, 25 Aug 2015 22:34 WIB
juventus 2015--2016
Nasib Sial Chelsea dan Keterpurukan Cuadrado Jadi Keuntungan Untuk Juventus
Juan Cuadrado gagal total selama berseragam Chelsea (RAUL ARBOLEDA / AFP)

Metrotvnews.com, Turin: Juan Cuadrado pernah menjadi salah satu winger terbaik di dunia. Selain cepat, Cuadrado juga memiliki segudang trik untuk mengelabui bek-bek lawan. Berkat kehebatannya itu, Cuadrado akhirnya membuat Chelsea kepincut untuk meminang dengan mahar 35 juta euro pada bursa transfer Januari 2015.

Anehnya, peruntungan Cuadrado berubah total saat memperkuat The Blues. Ia gagal menembus skuat utama Chelsea karena kalah bersaing dengan Eden Hazard, Willian, dan Oscar untuk memperebutkan satu tempat di posisi gelandang serang.

Wajar jika manajer Chelsea, Jose Mourinho menempatkan Cuadrado di bangku cadangan. Jika dilihat dengan seksama, Cuadrado nampak tak begitu bisa beradaptasi dengan gaya main sepak bola Inggris yang mengedepankan permainan taktis.

Situasi yang dihadapi Cuadrado makin miris karena ia juga kerap gagal tampil maksimal saat diberi kesempatan bermain. Tengok saja statistiknya sepanjang musim lalu. Dari 12 laga di kancah Liga Primer Inggris, Cuadrado tak sekali pun menghasilkan gol dan assist untuk Chelsea.

Statistik Cuadrado di aspek lain juga buruk. Seperti dilansir Squawka, Cuadrado hanya menghasilkan 43 persen sepakan akurat, memberikan enam key passes, dan cuma memenangkan lima dari 14 duel udara dengan lawan.

Cuadrado akhirnya harus terima nasib tersingkir dari skuat utama The Blues seiring kedatangan Pedro Rodriguez dari Barcelona. Mourinho memutuskan untuk melepasnya ke Juventus dengan status pinjaman selama semusim. Mungkin karena sudah kadung tidak menaruh respek, Mourinho memberikan La Vecchia Signora keleluasaan untuk membeli Cuadrado secara permanen pada akhir 2015--2016.

Juventus bisa menjadi pihak yang diuntungkan dengan penurunan performa Cuadrado di Chelsea. Bisa jadi, Liga Inggris memang bukan tempat yang tepat untuk winger berusia 25 tahun itu. Mungkin Cuadrado memang ditakdirkan untuk mengkilap ketika tampil di Liga Italia. Jika memang seperti itu, Juventus bakal sangat semringah karena mendapatkan pemain hebat dengan harga murah.

Musim 2013--2014 menjadi panggung hebat Cuadrado di Liga Italia. Ketika itu, ia menghasilkan 11 gol untuk Fiorentina, menciptakan 60 key passes, memiliki 86 persen akurasi umpan, dan torehan menang duel udara hingga 54 persen.

Andai catatan serupa bisa kembali dibuat Cuadrado pada 2015--2016, rasanya Juventus memiliki peluang besar untuk menjadi yang terbaik di Italia sekaligus merebut scudetto secara lima kali berturut-turut. (Squawka)


(HIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA