Pemerintah Diminta Umumkan Daftar Penerima BLSM

- 18 Juni 2013 18:30 wib
Ilustrasi---ANTARA/Dedhez Anggara/ip
Ilustrasi---ANTARA/Dedhez Anggara/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah harus memberikan kepastian dan memublikasikan penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

"BLSM tidak masalah asal ada kepastian siapa penerima sebenarnya. Saya sudah meminta ke pemerintah agar memastikan siapa penerimanya dan dipublikasikan kembali ke publik. Misal di desa-desa, nama-nama penerima harus dipampang di kantor desa atau tempat pengumuman sumber informasi masyarakat. Kalau tidak seperti itu, tidak akan ada jaminan penerimaan itu tepat sasaran," kata Ketua DPP bidang Politik Pemerintahan Partai NasDem Akbar Faizal kepada Media Indonesia di Jakarta, Selasa (18/6).

Kepastian penerima itu untuk menghindari kesalahan yang lampau akibat program bantuan langsung tunai (BLT) yang tidak tepat sasaran. Dalam program BLT lalu, banyak penerima yang sesungguhnya tidak berhak karena memiliki kemampuan finansial yang lebih.

Akibatnya sering di beberapa tempat, terjadi benturan di masyarakat antara penerima yang mampu dengan yang sesungguhnya miskin. "Pemerintah mengatakan penerima adalah kelompok miskin, pertanyannya, kelompok miskin yang mana? Standar miskinnya apa dan siapa? Pemerintah tidak pernah memberitahukan siapa yang menerima dan kriterianya. Itu harus jelas karena ini bukan uang yang sedikit, harus dipastikan betul siapa penerimanya," ujarnya.

Saat disinggung apakah program BLSM berpotensi menjadi bancakan atau ajang korupsi partai politik, Akbar tidak melihat terlalu jauh ke situ. Menurutnya yang paling penting adalah kejelasan penerima BLSM. (Raja Eben L)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…