Tes Calon Pimpinan KPK

Daftar Capim KPK, Saut Situmorang Jamin tak Bawa Agenda dari BIN

Dheri Agriesta    •    Rabu, 26 Aug 2015 09:59 WIB
capim kpk
Daftar Capim KPK, Saut Situmorang Jamin tak Bawa Agenda dari BIN
Saut Situmorang. Foto: MTVN/Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Saut Situmorang menjamin tak ada agenda terselubung yang ia bawa jika terpilih menjadi pimpinan lembaga antikorupsi. Saut adalah calon pimpinan dengan latar belakang dari Badan Intelijen Nasional (BIN).

"Bapak memiliki latar belakang dari BIN, ada muncul kekhawatiran Bapak punya agenda intelijen dan memihak pihak tertentu," kata anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Diani Sadiawanti dalam wawancara terbuka dengan Saut di Gedung III Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).

(Klik: Empat Nama Capim KPK Dicurigai PPATK)

Saut santai menghadapi pernyataan tersebut. Dia mengaku hanya ingin menerapkan apa yang telah ia pikirkan untuk memberantas korupsi. Saut juga menegaskan mendaftar calon pimpinan KPK atas keinginan sendiri.
"Tidak ada agenda lain, agendanya pemberantasan korupsi," kata dia.

Saut mengaku ini bukan kali pertama ia mendaftar sebagai calon pimpinan KPK. Tiga kali ia mendaftar, namun selalu gagal. "Ini daftar yang ke empat. Pertama saya sampai 10 besar, tapi ribut karena saya tidak izin. Kedua sampai proses administrasi kemudian sudah enggak lanjut, ketiga saya malah tidak lulus administrasi," ujar Saut.

(Klik: ICW Sebut Enam Capim KPK Miliki Catatan Hitam)

Panitia Seleksi menggelar wawancara akhir calon pimpinan KPK. Ada lima orang calon pimpinan yang diwawancara hari ini. Setelah Saut, Pansel akan mencari informasi dari Sri Harijati, Sujanarko, Surya Tjandra, dan terakhir mantan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende.

Sebelumnya, Pansel telah mewawancarai 14 orang dari 19 calon pimpinan. Pansel akan menentukan delapan orang terbaik untuk melanjutkan proses seleksi di Komisi III DPR.


(TRK)