Pilkada Serentak

Polda Bali: Karangasem Jadi Prioritas Pengamanan Pilkada

Antara    •    Rabu, 26 Aug 2015 10:56 WIB
pilkada serentak
Polda Bali: Karangasem Jadi Prioritas Pengamanan Pilkada
Pilkada. Ilustrasi: Antara

Metrotvnews.com, Denpasar: Polda Bali telah memetakan daerah rawan terjadi gangguan keamanan saat masa pemilihan kepala daerah di enam kabupaten/kota di provinsi itu.

Wakil Kepala Polda Bali Brigjen Pol Nyoman Suyastra ditemui usai memimpin gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak di Lapangan Renon, Denpasar, menyatakan dari hasil analisis, Kabupaten Karangasem dinilai memiliki dinamika politik yang kuat sehingga memerlukan perhatian pihak kepolisian.

"Kalau hasil monitoring dan koordinasi dengan KPU dan unsur terkait, dinamika politik yang paling kuat di wilayah Karangasem, ini tentu menjadi atensi pengamanan," kata Suyastra yang juga selaku Pelaksana Harian Kepala Polda Bali, Rabu (26/8/2015), seperti ditulis Antara.

Dia menjelaskan dinamika perpolitikan di kabupaten yang dikenal dengan sebutan 'Bumi Lahar' itu cukup tinggi mengingat ada tiga pasangan calon yang bertarung dengan kekuatan dukungan massa yang relatif besar.

"Masing-masing (calon) kalau kami monitor untuk Karangasem cukup memiliki pendukung yang kuat, sehingga kami akan menjadi atensi untuk wilayah Karangasem dan wilayah lain tetap melakukan pengamanan," ucapnya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KPU, Bawaslu, Panwaslu serta instansi terkait lain untuk mengantisipasi gangguan keamanan tersebut.

Di Kabupaten Karangasem jumlah pemilih yang memiliki hak suara mencapai 379.983 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di 930 tempat pemungutan suara.

Untuk menjamin keamanan, Polda Bali menurunkan sebanyak 12.764 personel dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di enam kabupaten/kota pada Desember 2015.

Selain Karangasem, lima kabupaten/kota lainnya dijadwalkan menggelar Pilkada serentak yakni di Kabupaten Tabanan, Bangli, Bandung, Jembrana dan Kota Denpasar.



(KRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA