Prabowo: Wajar Ahok Diperiksa KPK

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 26 Aug 2015 13:22 WIB
ahok-dprd
Prabowo: Wajar Ahok Diperiksa KPK
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman. (Foto:Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki kekuatan hukum untuk memeriksa Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Pemeriksaan terhadap Ahok adalah hal yang wajar.
 
"Saya pikir wajar. KPK mengatakan akan melakukan pemeriksaan jika sudah ada indikasi. Itu ada indikasi, jelaslah ada indikasi. Kami dari Pansus juga temukan indikasi penyalahgunaan," kata anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).
 
Saat ini, dikatakan Prabowo, BPK sedang melakukan audit investigatif terhadap pembelian lahan tersebut. Pihaknya tetap memantau perkembangan dan akan berhenti bekerja ketika KPK mulai melakukan pemeriksaan.
 
"Kami Pansus jalan terus. Tapi, kalau yang ditangani polisi, kami tidak akan ikut campur. Sekarang KPK belum masuk. Kalau sudah masuk untuk memeriksa ya kita berhenti (pansusnya)," ujarnya.
 
Prabowo mengaku sudah meninjau langsung lahan tersebut. Dia meminta Ahok tidak menindaklanjuti pembelian lahan rumah sakit tersebut. Sebab, dalam rekomendasi yang dikeluarkan BPK, pembelian harus dibatalkan.
 
"Rekomendasinya disuruh membatalkan. Kalau (tetap) melanjutkan dia tau ada risiko di situ," katanya.
 
Sebelumnya, pengamat perkotaan dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah melaporkan Ahok ke KPK, Kamis, 20 Agustus. Laporan ini terkait dengan adanya dugaan korupsi senilai ratusan miliar rupiah dalam pembelian lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Sumber Waras.


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA