Menko Rizal Bahas Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung dengan Utusan Jepang

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 26 Aug 2015 13:45 WIB
kereta cepat
Menko Rizal Bahas Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung dengan Utusan Jepang
Kereta api cepat, Shinkansen Indonesia, direncanakan ada di 2020. FOTO Terbit, AGUSTANTO B

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengadakan pertemuan dengan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Izumi Hiroto. Dalam pertemuan tersebut, salah satu topik yang dibicarakan adalah soal pembangunan kereta api (ka) cepat Jakarta-Bandung.

"Memang kita juga bahas tentang prospek kereta api cepat Jakarta-Bandung yang akan mampu dicapai dalam waktu 36 menit. Pihak Tiongkok ingin dapatkan, pihak Jepang juga ingin dapatkan proyek ini," ujarnya di Kantor Menko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).

Dirinya menambahkan, dengan ketertarikan dari kedua negara tersebut Indonesia bagaikan gadis cantik diperebutkan oleh dua pemuda. "Tapi kami ingin kompetisi yang adil dan terbuka, agar Indonesia mendapatkan manfaat semaksimal mungkin," tambah dia.

Adapun sisi yang saat ini sangat diperhatikan oleh Indonesia, yaitu teknologi dan keamanan. Industri kereta api sangat penting dalam mengandalkan kecepatan pertimbangan safety dan kenyamanan. 

Selain itu, pemerintah juga akan mempertimbangkan negara mana yang menawarkan pembiayaan yang paling murah. 

" Dari segi pembiayaan, murah enggak bunganya bagaimana tenornya dan term pinjamannya," sambung Rizal.

Dirinya juga menginginkan, pihak Tiongkok maupun Jepang bisa memasukkan konten lokal supaya bisa memberikan nilai tambah juga untuk industri di Indonesia. Serta bagaimana kerja sama dari KA cepat tersebut.

"Kami ingin secepat mungkin dikelola Indonesia supaya ada transfer teknologi secepat mungkin, kami ingin se-fair mungkin," paparnya.

Rizal juga berharap kompetisi untuk proyek tersebut dilakukan secara adil dan transparan. Bahkan, dirinya menegaskan tidak akan peduli dengan pihak manapun yang memiliki kepentingan dalam proyek tersebut, sebab pembangunan KA cepat untuk memfasilitasi kemudahan sarana transportasi kepada masyarakat.



(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA