Happy Salma Tulis Biografi Maestro Seni Bali, Suarti

Agustinus Shindu Alpito    •    Rabu, 26 Aug 2015 16:16 WIB
happy salma
Happy Salma Tulis Biografi Maestro Seni Bali, Suarti
Happy Salma (Foto:MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Desak Nyoman Suarti mungkin masih asing di telinga masyarakat. Namun, perempuan kelahiran Ubud, 25 Mei 1958, itu memberi sumbangsih luar biasa untuk kesenian di Bali.

Suarti sejak kecil sudah akrab dengan seni tari. Hal itu pula yang membawanya berkeliling dunia, mementaskan kebudayaan Bali.

Selain menjadi penari, Suarti memiliki bakat di bidang lukis. Dia kemudian mengembangkan karier sebagai desainer kerajinan perak di Celuk, Gianyar, Bali.

Desain perak Suarti pun lantas mendunia. Dengan mengangkat motif-motif nusantara, kini nama Suarti harum sebagai salah satu penghasil perhiasan terbaik di dunia.

Guna mendokumentasikan kehidupan Suarti, Happy Salma membuat buku biografi berjudul The Warrior Daughter.

"Saya pertama kali melihat Desak Nyoman, nangis. Karena orang harus tahu dia. Saya rasa setiap orang punya kisah hidup, tapi saya melihat beliau banyak sekali yang ingin disampaikan. Bukan hanya karyanya, juga cara dia memperjuangkan kehidupannya," kata Happy Salma dalam peluncuran buku The Warrior Daughter di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Sebagai penulis, Happy menyelesaikan buku ini selama empat tahun.

"Butuh kerja keras dan waktu yang lama, butuh kesabaran. Buku ini hanya sebagai sketsa beliau," sambung pemain film Sang Penari.

Happy tak menemui banyak kesulitan dalam menyelesaikan penulisan buku ini. Satu hal yang membuatnya agak repot adalah ketika harus mengumpulkan data terkait Suarti.

"Karena dia terkenal di luar negeri, orang kita enggak tahu maestro perhiasan ada di sini. Proses paling lama itu mengumpulkan data. Suarti enggak punya arsip. Jadi, kita harus cari tahu," beber Happy.

"Saya ingin generasi muda menghargai apa yang kita punya. Generasi muda enggak lupa dengan yang kita punya," jelas Happy perihal alasannya membuat biografi Suarti.

Di samping aktif secara kesenian, Suarti memiliki kisah hidup yang inspiratif. Dia ikut mendobrak paradigma kaku dalam memandang seni dan budaya Bali, serta menjembatani kesenian dengan kemasan yang modern dan global.

Saat ini Suarti fokus mengangkat motif-motif dari lima pulau besar di Indonesia, yaitu Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Pendistribusian perhiasan rancangan Suarti sudah menembus pasar Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Tiongkok, dan Australia.


(ROS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA