Tuntaskan PMKS, Mensos Ajak Pemda Sukseskan Program Kartu Sakti

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 26 Aug 2015 16:47 WIB
kartu sakti jokowi
Tuntaskan PMKS, Mensos Ajak Pemda Sukseskan Program Kartu Sakti
Mensos di Kantor Pos Cabang Utama Palangkaraya. Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Untuk mengatasi masalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak pemerintah daerah aktif menyukseskan program tiga kartu sakti.

"Ini akan terasa kalau para kepala desa menyisir warganya. Minta tolong saling menyisir. Supaya kartu sakti dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat yang eligible," kata Khofifah di Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (26/8/2015).

Khofifah menjelaskan, penerima Kartu Indonesia Sehat sudah mencapai 88,2 juta orang, penerima Kartu Indonesia Pintar untuk 2015 ditargetkan 20,3 juta orang.

Khofifah mengemukakan, jumlah penerima kartu sakti terus bertambah seiring berjalannya pendataan di lapangan. Untuk itulah diperlukan intervensi pemerintah daerah.

"Dari angka itu harus diikuti oleh penyisiran juga. Tolong anak-anak yang teridentifikasi tak mampu sekolah sediakan fasilitas untuk kejar paket A, paket B, daftarkan. Setelah itu, ia bisa melanjutkan," ujar khofifah.

Khofifah juga berpesan koordinasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk menjalankan program ini harus dipererat. Sebab, menurut Khofifah ada beberapa program yang masih tidak singkron pelaksanaannya.

"Saya memohon kepada pejabat supaya saling koordinasi. Contoh kartu raskin Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dari Kementerian Sosial. Cuma pelaksanaannya di daerah bukan dari Dinas Sosial. Ini yang penting dikoordinasikan," tegas dia.


(TRK)