Ahok Berambisi Menggusur Bidara Cina Secepatnya

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 26 Aug 2015 17:16 WIB
penggusuran kampung pulo
Ahok Berambisi Menggusur Bidara Cina Secepatnya
Spanduk terpasang sebagai bentuk ptotes terhadap penggusuran. (Foto: MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama berjanji segera menggusur rumah yang berdiri di bantaran Kali Ciliwung di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan.
 
"Bukit Duri dan Bidara Cina, kita sedang pelajari. Nanti kita bongkar sesegera mungkin," kata Ahok di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi DKI Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/8/2015).
 
Menurut Ahok, pihaknya bukan ingin menggusur secara paksa rumah di Bukit Duri. Akan tetapi, mereka hanya menjadi warga terdampak atas normalisasi Kali Ciliwung. Sebab, selama ini kali tersebut semakin menyempit karena ada praktik reklamasi liar.
 
"Ini adalah reklamasi Sungai Ciliwung. Sungai Ciliwung dulu (lebarnya) 20 meter atau 15 meter. (Sekarang) tinggal 3 meter. Berarti ada pendatang di luar Kampung Pulo dan Bukit Duri yang ngurug dengan sampah. Setelah (tanah urugnya) luas, dia bikin bangunan. Dia sewain. Ini yang marah sama saya. Saya lawan," kata Ahok menegaskan.
 
Meskipun warga memiliki sertifikat, Ahok tidak akan menerima. Sebab, Ahok yakin betul sertifikat tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat. "Menurut teori kami tidak mungkin punya surat. Itu lahan negara," ujarnya.
 
Ahok memastikan, penggusuran akan dilakukan setelah rumah susun selesai dibangun dan siap ditempati.


(FZN)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

6 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA