Pemprov DKI Komersilkan Lantai 2 Rusun Jatinegara

Ilham wibowo    •    Rabu, 26 Aug 2015 17:24 WIB
penggusuran kampung pulo
Pemprov DKI Komersilkan Lantai 2 Rusun Jatinegara
Beberapa gerobak yang disiapkan Pemprov DKI untuk warga Kampung Pulo di Rusun Jatinegara,--Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI menyiapkan zona khusus bagi warga Kampung Pulo yang ingin melanjutkan usaha berdagang di Rusun Jatinegara. Zona khusus ada di lantai 2 dengan harga sewa Rp14 ribu per meter per bulan.

"Yang mendaftar sudah 80. Secara aturan Rp14.000 per meter persegi sebulan, tapi sementara masih kita gratiskan," kata Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Ika Lestari Aji di Rusun Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (26/5/2015).

Saat ini, menurut Ika, pihaknya tengah mendata warga yang tak bisa lagi melanjutkan usaha saat pindah ke Rusun Jatinegara. "Berdasarkan pengalaman kami sebelumnya, warga rusun ada juga yang mengeluh, itu kita inventarisir," katanya.

Ika menjelaskan, selain tempat, Pemprov DKI juga memfasilitasi gerobak. Semua itu, kata Ika, hanya dikhususkan bagi warga Kampung Pulo yang telah membuka usaha sebelumnya.

"Tidak semuanya bisa usaha. Makanya yang biasa jualan kami upayakan bisa jualan lagi. Dalam waktu dekat kami akan melakukan pendataan," ujarnya.

Ida, 40, penghuni rusun lantai 10, mengaku saat ini belum bisa melanjutkan usaha berjualan masakan. Ia yang telah mendaftarkan diri berjualan di zona ekonomi Rusun Jatinegara berharap mendapatkan posisi yang ideal pada saat pengundian zona dagang.

"Sudah mendaftar, sementara tunggu dulu lokasi pas undian. Jualan di depan kamar kan dilarang," tuturnya.


(MBM)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA