Kementan Gelar Rapat Khusus untuk Tingkatkan Industri Beras Nasional

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 26 Aug 2015 17:33 WIB
kementan ads
Kementan Gelar Rapat Khusus untuk Tingkatkan Industri Beras Nasional
Beras Bulog. ANTARA FOTO/Trisnadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mengadakan rapat upaya khusus dalam peningkatan industri perberasan yang diadakan di lapangan utama Kantor Pusat Kementan.

Kementan menghadirkan lebih dari 5.000 orang pelaku usaha penggilingan padi (RMU), petani, pedagang beras, Asosiasi, KTNA, Eksportir-Importir beras, dan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk membahas meningkatkan industri beras di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menilai RMU berperan mengolah gabah menjadi beras untuk selanjutnya dijual ke pasar/konsumen. Di samping itu sebagian beras diserap Bulog untuk cadangan beras Pemerintah dan sebagian oleh ritel modern, seperti minimarket, hypermarket, supermarket, dan perkulakan.

"Keberadaan RMU ini sangat penting dalam rantai pasok beras sampai ke konsumen, Ini dapat dijadikan salah satu barometer jumlah beras dan ketersediaan stok beras di suatu wilayah," ujar Amran di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2015).

Dengan memperhatikan peran strategis RMU, maka Kementan sejak  2010 hingga sekarang telah merevitalisasi 2.361 unit RMU skala kecil milik Gapoktan/kelompok tani sehingga meningkatkan rendemen hingga lima persen.

"Kegiatan revitalisasi RMU ini akan terus ditingkatkan pada tahun mendatang dengan jumlah dan cakupan wilayah yang lebih luas," kata Amran.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA