Mendagri Tunggu Putusan MK terkait Calon Tunggal dan Independen

Mufti Sholih    •    Rabu, 26 Aug 2015 18:24 WIB
pilkada serentak
Mendagri Tunggu Putusan MK terkait Calon Tunggal dan Independen
Mendagri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua MK Anwar Usman, dan Ketua KPU Husni Kamil (Ant/Akbar Nugroho)

Metrotvnews.com, Ambon: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menerbitkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang calon independen dan calon tunggal pada Pilkada serentak 9 Desember 2015. Saat ini, ada tujuh pilkada yang akan diikuti calon tunggal.

"Saya belum mengeluarkan Perppu tentang calon independen dan calon tunggal karena harus menunggu keputusan MK yang berkekuatan hukum tetap," kata Mendagri seperti dilansir Antara, di Bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon, Maluku, Rabu (26/8/2015).

Saat ini, MK masih menyidangkan gugatan perkara terkait calon independen dan calon tunggal. Begitu putusan keluar, kata Tjahjo, pihaknya langsung bersikap.

"Jika sudah ada keputusan berkekuatan hukum tetap barulah Kemendagri menerbitkan Perppu yang mengatur tentang calon independen dan calon tunggal pada Pilkada serentak," katanya.

Dari sembilan provinsi dan 260 Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada serentak gelombang pertama, tercatat hanya tujuh daerah yang diikuti calon tunggal. Hal itu pun, kata Tjahjo, lantaran partai politik takut mengusung calon.

"Jadi calon tunggal dalam Pilkada di satu daerah belum menjadi opsi terakhir bagi pemerintah karena harus menunggu putusan MK yang tengah menyidangkan gugatan calon independen dan calon tunggal dalam Pilkada," tegas dia.


(TII)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA